RGB versus CMYK

Monitor komputer memancarkan warna RGB (merah, hijau, biru) cahaya. Meskipun semua warna dari spektrum yang terlihat dapat diproduksi dengan menggabungkan lampu merah, hijau dan biru, monitor mampu menampilkan hanya gamut terbatas (yaitu, kisaran) dari spektrum yang terlihat.

CMYK versus RGB color spectrum

Sedangkan monitor memancarkan cahaya, kertas bertinta menyerap atau mencerminkan panjang gelombang tertentu. Cyan, magenta dan kuning pigmen berfungsi sebagai filter, mengurangi berbagai derajat merah, hijau dan biru dari cahaya putih untuk menghasilkan gamut warna spektral selektif. Seperti monitor, tinta cetak juga menghasilkan gamut warna yang hanya sebagian dari spektrum yang terlihat, meskipun kisaran tidak sama untuk keduanya. Akibatnya, seni yang sama ditampilkan pada monitor komputer mungkin tidak cocok dengan yang dicetak dalam suatu publikasi. Juga, karena proses pencetakan seperti offset lithography menggunakan CMYK (cyan, magenta, kuning, hitam) tinta, seni digital harus dikonversi ke CMYK warna untuk cetak. Beberapa printer memilih file seni digital diberikan dalam ruang warna RGB dengan profil ICC terpasang. Gambar kemudian dapat dikonversi ke ruang warna CMYK dengan printer menggunakan metode manajemen warna yang profil kehormatan jika ada, ini membantu melestarikan detail terbaik dan semangat.
RGB Red, Green, Blue - Additive colors
CMY Cyan, Magenta, Yellow - Subtractive colors
Beberapa printer dapat memilih file Anda akan disampaikan dalam RGB dengan profil ICC terpasang, karena hal ini memungkinkan printer untuk menggunakan metode manajemen warna ketika mengkonversi ke CMYK. Printer lain mungkin lebih suka file dalam CMYK (Cyan / Magenta / Yellow / Black) modus, karena ini adalah modus yang diperlukan untuk proses pencetakan. Jika (Merah / Hijau / Biru) berkas RGB disampaikan, harus dikonversi ke CMYK untuk cetak.
Color gamut Visible color spectrum with print gamut
Kadang-kadang bisa sulit untuk memvisualisasikan alasan pergeseran warna dalam konversi ruang warna. Cara terbaik untuk melihat perbedaan warna antara CMYK dan ruang warna RGB adalah dengan melihat warna gamut perbandingan grafik. Grafik ke kiri plot spektrum warna terlihat sebagai besar "kuda sepatu" daerah, dan dalam hal ini adalah plot dari warna CMYK, dan warna RGB. Anda dapat melihat bahwa di beberapa daerah ruang warna RGB adalah "luar" yang dari ruang CMYK. Ini adalah warna-warna ini yang akan dipengaruhi oleh konversi dari RGB ke CMYK.

Desktop scanners & color space

Scanner desktop yang paling, kamera digital, dan sistem video capture menyimpan file sebagai RGB dan konversi file RGB ke CMYK dapat dilakukan dengan berbagai cara (lihat bagaimana mengkonversi RGB ke CMYK). RGB mengkonversi hanya CMY langsung. Namun, ketika mencetak, kita harus menambahkan tinta hitam dan dengan berbuat demikian harus mengurangi beberapa warna. The Undercolor Removal (UCR) setup akan membantu mengontrol rasio ini sehingga kepadatan tinta maksimum untuk empat warna akan 300% saat mencetak pada saham dilapisi kertas.

Spot colors

Seni digital yang terdiri dari warna spot (misalnya, warna khusus: setiap warna yang tidak warna proses CMYK), umumnya memerlukan konversi ke ruang warna CMYK untuk memungkinkan penggunaan berkas. Karena gamut warna yang untuk warna spot perpustakaan, seperti yang terkait dengan Matching Sistem Pantone (PMS), biasanya melampaui kisaran gamut warna CMYK, beberapa spot warna mungkin tidak dapat direpresentasikan secara efektif menggunakan proses CMYK tinta.
CMY Halftoning screen angles 133dpi 40% screen enlarged

Image halftones

Dalam offset lithography, kepadatan tinta CMYK tidak dapat divariasikan dalam mode terus menerus di gambar, sehingga kisaran diproduksi dengan cara halftoning. Dalam halftoning, titik tinta CMYK tembus ukuran variabel dicetak dalam tumpang tindih grid. Grids ditempatkan pada sudut yang berbeda untuk masing-masing warna tinta. Titik halftone kecil menyerap lebih sedikit cahaya, dengan demikian, sebagai akibat dari peningkatan jumlah cahaya yang dipantulkan, kepadatan jelas menurun dan objek muncul lebih ringan.

Artikel Terkait

4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

loading...