Fitur-fitur Terbaru Android N 2016 wajib dicoba

 Assalammualikum wr wb oke sahabat blogger kali ini saya berbagi info fitur baru dari android N, pada seri sebelumnya google juga menerbitkan android marsmellow dan yang pasti versi terbaru ini lebih mantap dan sangat cocok dan nyaman bagi para pengguna android.

oke langsung saja disimak berikut fitur baru pada android N

1. Split Screen

Split Screen di Nexus 6
Split Screen di Nexus 6 
Sebenarnya, fitur ini bukan hal baru di dunia Android karena pernah digunakan beberapa ponsel dan sabak Samsung kelas atas. Kini split screen menjadi fitur standar pada Android N.
Untuk menggunakannya hanya perlu menekan tombol recent beberapa detik lalu dengan otomatis layar akan terbagi menjadi 2. Dan Anda bisa melakukan dua aktivitas secara bersamaan. Mengerjakan tugas kantor di Word sambil menonton film di Youtube bisa dilakukan dengan sangat mudah.

2. New quick settings

New quick settings
New quick settings 
Di area notifikasi, Google tambahkan sebuah jalan pintas (shortcut) untuk masuk ke dalam pengaturan. Model pengaturan ini sangat sederhana. Disediakan juga tombol edit untuk menambahkan atau membuang pengaturan yang sudah ada sebelumnya. Fitur ini juga sudah ada di beberapa perangkat Android yang menggunakan Android 5.0 Lollipop.

3. Direct reply

Direct reply
Direct reply 
Secara sederhana fitur direct reply ini adalah kemampuan untuk membalas segala pesan yang muncul secara langsung dari notifikasi. Jadi, pengguna tak perlu masuk ke aplikasi untuk membalas pesan yang masuk.

4. System DPI change

System DPI change
System DPI change 
Pada Android N, pengguna juga bisa mengubah pengaturan DPI (Dots Per Inch) atau yang biasa disebut dengan resolusi. Perubahan resolusi itu termasuk ukuran huruf yang ingin digunakan di seluruh sistem.

5. Redesigned notification

Redesigned notification
Redesigned notification 
Pengguna dapat menerima beberapa notifikasi dari sebuah aplikasi yang sama, yang kemudian dikumpulkan menjadi satu bundel notifikasi. Misalnya, pengguna menerima 10 pesan dari 3 orang berbeda di WhatsApp, tapi yang ditampilkan di layar hanya 1 buah notifikasi saja. Untuk membuang bundel notifikasi tersebut, pengguna hanya tinggal mengusap ke arah kiri.

6. Beefier Doze

Beefier Doze
Beefier Doze 
Di Android Marshmallow, Google memperkenalkan fitur Doze untuk menghemat layar baterai saat perangkat sedang tidak digunakan. Google lebih mengembangkan fitur Doze itu di Android N sehingga layar akan langsung padam saat perangkat dimasukkan ke dalam kantong.
Layar akan kembali menyala saat gawai dikeluarkan dari kantong.

7. Picture in Picture

Ilustrasi mode Picture in Picture di perangkat TV Samsung
Ilustrasi mode Picture in Picture di perangkat TV Samsung
© Google
Google menghadirkan mode picture-in-picture (PIP) yang memungkinkan kita menampilkan popup video sembari membuka aplikasi lainnya. Perusahaan teknologi yang berbasis di Mountain View, California, Amerika Serikat ini mengatakan fitur ini akan sangat berguna pagi perangkat TV.
Belum jelas apakah fitur ini akan mampir hanya pada perangkat sabak saja atau juga bakal digunakan ponsel. Soalnya, Apple pada iOS 9 juga menggunakan fitur ini namun hanya bisa digunakan pada sabak iPad.

8. Night Mode

Night Mode
Night Mode 
Sejatinya Google telah memperkenalkan mode Night Mode pada Android M Preview. Sayangnya fitur ini menghilang ketika Android Marshmallow resmi diluncurkan.
Night Mode akan mengubah warna layar menjadi lebih kemerahan dalam suasana kurang cahaya sehingga mata pengguna akan lebih nyaman menatapnya.
Sepertinya Google memutuskan untuk menghidupkan fitur ini setelah Apple mengumumkan akan menambah fitur serupa bernama Night Shift pada iOS 9.3.

9. Data Saver

Data Saver
Data Saver
© Ivan /Beritagar
Fitur ini berguna untuk membatasi pemakaian data oleh semua aplikasi yang tertanam di ponsel. Pengguna peramban Chrome bisa mengaktifkan fitur ini dengan masuk ke menu Settings > Data Saver > ON. Fitur ini akan mengompres data hingga 50 persen untuk mengurangi pemakaian data di ponsel Android.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fitur-fitur Terbaru Android N 2016 wajib dicoba "

Post a Comment