Gudang Informasi

Kumpulan Software, Template Seo, tips trick, Games Terupdate

LightBlog
Responsive Ads Here

Tuesday, December 10, 2013

11 cara menghemat batrai android

 

1. Matikan GPS, WiFi, Data & Bluetooth

Fitur-fitur di atas hanya diperlukan pada waktu tertentu, dan fitur di atas juga berpotensi paling besar menghabiskan baterai ponsel Anda. Ketiga fitur ini berguna, tetapi ketika Anda merasa tidak perlu untuk menggunakannya, lebih baik dimatikan dan dihidupkan hanya pada saat akan digunakan.

2. Upgrade Firmware

Firmware merupakan sistem operasi yang berjalan pada ponsel dan mengoperasikan program didalamnya. Firmware juga selalu berubah dan terus update untuk menambah fitur-fitur terbaru, peningkatan kinerja, keamanan sistem, dan atau bahkan ada perubahan total di sisi tampilan, seperti zaman Froyo masuk ke GB, ICS dan hingga kini JB. Salah satu dampak positif dari kinerja yang baik adalah peningkatan daya tahan baterai yang setiap versi Android pasti memiliki daya tahan yang berbeda.

3. Notification (Pemberitahuan)

Notification juga merupakan salah satu faktor yang bisa menguras baterai ponsel Anda. Untuk membuat baterai Android lebih tahan lama, matikan suara pemberitahuan dan LED pada ponsel Anda.

4. Feedback Keyboard

Feedback Keyboard adalah getaran saat mengetik sesuatu di keyboard atau menyentuh ikon pada layar Android kita. Ketika kamu mematikan feedback ini, ada dua keuntungan, yaitu menghemat baterai dan respon keyboard akan lebih cepat.

5. Advanced Task Killer

Advanced Task Killer adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu untuk menghemat baterai Android kamu. Aplikasi ini berguna untuk mematikan setiap proses yang berjalan dan tidak terpakai. Aplikasi ini dapat Anda unduh di Google Play.

6. Aktifkan Airplane Mode

Jika Anda sedang berada di daerah yang tidak ada sinyal GSM, internet, tidak ada WiFI, apalagi GPS, lebih baik Anda mengaktifkan Airplane Mode. Dengan mengaktifkan Airplane Mode, semua sinyal radio, baik GSM, GPS, WiFi, Data dan Bluetooth, akan langsung dimatikan.

7. Matikan fitur getar (vibrate)

Fitur getar (vibrate) ternyata membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan jika ringtone-nya dibunyikan. Berdasarkan fakta tersebut, apabila Anda sedang tidak membutuhkan fitur ini, sebaiknya matikan fitur getar yang ada di ponsel Android Anda.

8. Jangan “Streaming” di ponsel Anda

Sebaiknya Anda kurangi kegiatan Streaming apabila tidak ingin baterai habis dengan cepat. Menonton video atau mendengarkan musik di YouTube memang menyenangkan, tetapi kegiatan ini akan “memaksa” sistem ponsel terus bekerja dan akhirnya membuat baterai lebih cepat habis.

9. Redupkan layar

Semakin cerah tampilan layar, maka semakin cepat baterainya akan habis. Oleh karena itu, redupkan atau matikan layar apabila sedang tidak digunakan.

10. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Beberapa aplikasi yang dibuka secara bersamaan merupakan salah satu penyebab baterai cepat habis. Oleh karena itu, tutuplah aplikasi yang sudah tidak diperlukan lagi.

11. Rooting Android

Rooting Android memang hal yang tidak disarankan bagi Anda yang tidak mengerti apa-apa, tapi cara yang satu ini cukup ampuh untuk menghemat baterai, karena dengan akses root pada ponsel Android, maka Anda dapat melakukan berbagai rekayasa (tweak) untuk menghemat baterai, salah satunya melakukan tweak di filebuild.prop yang selama ini banyak dilakukan pada Android Addict, atau bisa juga dengan menggunakan service init.d. (Penjajah/tom)