cara menghadapi android yang hang atau lelet

Penyebab Dan Cara Mengatasi
 
 


1. Penyebab yang paling utama jika Android Lemot adalah karena terdapat beberapa aplikasi (tanpa sepengetahuan kita) yang berjalan pada Android, kasus ini sering terjadi pada Android yang bertipe low-end, cara mengatasinya adalah tekan tombol home selama 2 detik, setelah itu masuk ke pengelola tugas, setelah itu akan ada daftar aplikasi yang berjalan, tekan tombol Akhir untuk menutup aplikasi yang berjalan tanpa sepengetahuan kita.

2. Penyebab yang kedua adalah karena RAM yang kecil, RAM disini berfungsi sebagai Penyimpanan sementara. RAM adalah salah penentu kecepatan atau performa pada Mesin Komputer. Jika suatu aplikasi dijalankan secara bersamaan atau multitasking, maka penyimpanan pada RAM akan semakin penuh, dan membuat Android Lemot. Untuk cara mengatasinya, anda bisa baca disini .

3. Aplikasi yang banyak, aplikasi yang banyak memang membuat kebanggaan tersendiri bagi diri Kita, tapi taukah sobat, semakin banyak aplikasi yang terinstal maka performa kecepatan akan semakin lambat, pasalnya beberapa aplikasi ada yang tetap berjalan tetapi tidak terdapat pada pengelola tugas, untuk mengetahuinya masuk ke pengaturan>> Aplikasi>> Menjalankan Layanan>> Berjalan. Untuk cara mengatasinya anda bisa uninstall aplikasi yang tidak berguna, jangan sampai aplikasi anda mubazir. Tapi, jika tidak mau uninstall dalam artian masih cinta pada aplikasi, anda bisa melakukan freezing menggunakan Link To SD.

4. Live Walpaper, launcher, dan widget juga menjadi salah satu pemicu lag, memang terlihat bagus sih, tapi sobat harus menikmati keleletan . Cara mengatasinya uninstall live wallpaper dan  hapus widget-widget pada tampilan home, letakan saja yang lebih ringan. Sedikit saran dari Drio AC, gunakan saja launcher yang ringan, dan jangan gunakan Go Launcher jika memang HP sobat termasuk dalam Kategori Low-end.

Sedikit Tambahan Dalam mendongkrak performa:

1. Gunakan aplikasi unility yang membantu performa, seperti Advance Task  Manager, Ram Booster, Rakun Optimizer, dan lain lain

2. Overclock, dengan overclock maka kecepatan performa prosesor akan semakin semakin bertambah tetapi membuat baterai semakin boros dan jika dalam jangka panjang menyebabkan umur HH semakin pendek. Gunakan aplikasi Set CPU untuk overclock HH anda

3. Custom Rom, nah beberapa cusrom menawarkan fitur yang cukup baik pada penggunanya salah satunya dalam performa, jangan lihat cusrom dari tampilannya, tapi lihatlah dari fitur-fitur serta keunggulanya.
Sekian postingan dari saya semoga postingan Penyebab Dan Cara Mengatasi Android Lemot bisa menjawab masalah-masalah sobat.

Artikel Terkait

cara menghadapi android yang hang atau lelet
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

loading...