Gudang Informasi

Kumpulan Software, Template Seo, tips trick, Games Terupdate

LightBlog
Responsive Ads Here

Sunday, April 13, 2014

cara mengatasi laptop/pc yang lelet/lemot

Selain mempostingkan artikel tentang cara mengatasi kompute lemot, anda juga bisa membaca artikel tentang cara mempercepat kinerja windows XP. Nah, agar dapat memperoleh manfaat yang besar dari OS windows XP ini, mari kita percepat performanya tanpa menambah dan mengurangi hardware tertentu. Inilah tips komputer untuk mempercepat windows XP di komputer, laptop, notebook ataupun netbook Anda.


  • Masuk Start kemudian Control Panel pilih System
  • Pada tab system restore, matikan fungsi system restore dengan cara mencentang Turn Off System Restore on All Drive
  • Pada tab automatic update, matikan fungsi automatic update dengan cara memilih Turn Off Automatic Updates
  • Pilih tab advanced, pilih settings pada bagian performance
  • Pada tab visual effects pilih opsi Adjust for Best Performance kemudian custom dengan tetap mencentang 2 opsi terakhir yaitu:  Use drop shadows… dan Use visual styles…
  • Pilih Apply kemudian OK dan OK, jika ada konfirmasi apakah system restore dimatikan, pilih Yes!
  • Beralih ke control panel kembali, pilih Sound And Audio Devices kemudian masuk ke tab Sounds.
  • Pada sound scheme pilih No Sounds
  • Saat ada konfirmasi Apakah sound sebelumnya akan disimpan, pilih No!
Demikianlah Tips tentang Cara Mempercepat Kinerja Windows XP semoga membantu Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga menjadikan belajar komputer online kita bermanfaat.

Contoh kasus :
#1
Untuk mengetahui mengapa komputer bekerja lambat, lemot, berat, maka kita perlu tahu program-program yang menggunakan memori yang besar. Cara mengeceknya dengan ‘Task Manager’.
Ctrl+Alt+Del >> Task Manager >> tab “Process”
Di sini dapat terlihat aplikasi yang memakan memori. Silahkan di-close/end process program-program yang tidak diperlukan.
#2
Masih lemot juga? Mungkin komputernya terkena virus cinta atau spyware. Bersihkan harddisk dengan antivirus terupdate. Gunakan antivirus yang lokal maupun interlokal (cem telpon aje ). Yang lokal bisa pake Smadav/PCMav, yang internasional bisa pake AVG/Avast/BitDefender.
#3
Masih lambat juga?
Matikan Start-Up Application. StartUp Application adalah program-program yang berjalan otomatis ketika kita mulai menjalankan Windows. Cara untuk mematikannya:
“Start” >> “Program” >> “Startup”
Lalu Delete semua icon yang ada di folder StartUp
Ada banyak start-up program lain yang mungkin tidak terdeteksi di folder start-up. Untuk mematikan program-program ini, bisa memakai program bernama “Whats Running”. Cara menggunakannya ialah:
Jalankan aplikasi What’s Running >> Tab “Startup” >> uncheck semuanya