hati-hati card momory SD card tidak aman


Salah satu jenis kartu memori yang banyak dipakai saat ini adalah SD card. Kartu memori ini banyak digunakan di perangkat mobile seperti laptop, kamera digital, hingga smartphone. Namun jangan salah, SD card juga tidak aman.

Dua peneliti keamanan Andrew Huang dan Sean Cross telah menemukan cara untuk meng-hack SD Card. Mereka menemukan celah keamanan yang dapat membahayakan pengguna. Celah ini memungkinkan seseorang melihat data yang ada di dalamnya.

Seseorang dapat memotong data yang sedang ditransfer dari satu lokasi ke lokasi lain dan memodifikasinya. Bahkan seseorang secara diam-diam dapat menyalin data, memodifikasi data penting seperti password, bahkan menjalankan software berbahaya.

Huang dan Cross memaparkan temuan tersebut pada acara Chaos Communications Congress 2013 di Jerman dan juga melalui postingan blog. Di blognya Huang menjelaskan bahwa SD card memiliki chip komputer yang disebut micro controller yang firmware-nya dapat dimodifikasi.

"Seseorang dapat mengubah kapasitas ruang penyimpanan pada kartu tanpa mengubah kapasitas ruang sebenarnya. Ini berarti Anda bisa menjual kartu 2GB sebagai kartu 4GB, dan komputer Anda tidak akan melihat perbedaannya," tulisnya.

Celah berbahaya tersebut tidak hanya mengancam kartu memori jenis SD card, tetapi juga karu memori berbasis flash lainnya. Seperti SSD (solid-state drives) yang dipakai sebagai pengganti hard disk PC, atau eMMC (Embedded Multimedia Controller) yang digunakan pada smartphone. Demikian dilansir Cnet.

Kedua peneliti keamanan itu menguji teori reverse-engineering pada chip controller. Awalnya mereka mempelajari bagaimana micro controller menerima dan menjalankan firmware baru, lalu mempelajari perintah (command) yang berjalan dalam chip.

Kabar baiknya, menurut Huang, SD card bisa diprogram ulang menjadi micro controller yang jauh lebih murah seperti Arduino system.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "hati-hati card momory SD card tidak aman "

Post a Comment